DSC untuk Radio VHF Marine

VHFradioSmallDigital Selective Calling ( DSC ) adalah sistem panggilan darurat yang kini dibuat pada radio marine VHF dan beberapa model VHF genggam . DSC memungkinkan pendayung dalam keadaan darurat untuk hanya menekan satu tombol untuk memulai distress ( mayday ) panggilan yang menyediakan penyelamat dengan lokasi GPS yang tepat dari perahu .

DSC adalah  sistem darurat penting dan mungkin yang pelaut harus memahami – tapi harus diaktifkan oleh pemilik perahu . Hal ini dapat menjadi salah satu jenis yang paling penting dari peralatan keselamatan di perahu Anda .

Banyak pemilik kapal telah membeli dan diinstal radio VHF dengan kemampuan DSC tetapi kesulitan mengaktifkan fungsi DSC . Kecuali diaktifkan dengan benar , fungsi DSC hanya tidak bekerja . Meskipun radio VHF akan tetap bekerja dan memungkinkan Anda untuk membuat panggilan mayday dalam keadaan darurat , fungsi DSC memberikan perlindungan yang lebih baik dan sangat penting dalam keadaan darurat dimana pendayung tidak mampu menyelesaikan panggilan mayday dan menginformasikan Coast Guard dari lokasi perahu .

Karena hanya satu tombol darurat di radio diperlukan untuk membuat panggilan marabahaya DSC , kapten dapat dengan mudah menunjukkan tamu atau kru apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat jika sang kapten tidak mampu.

Mengapa Gunakan DSC ?

Sebelum munculnya DSC , seorang pendayung dalam keadaan darurat harus secara manual membuat panggilan mayday pada saluran VHF 16 . Karena banyak pelaut lainnya menggunakan channel 16 untuk memanggil orang lain ( bertentangan dengan aturan Coast Guard , yang mendikte memanggil pada saluran 9 ) , ada kemungkinan bahwa panggilan darurat manual di 16 mungkin tidak akan didengar karena suara radio lain atau gangguan. Sinyal DSC , bagaimanapun, adalah digital dan lebih baik dikomunikasikan dalam kondisi yang buruk .

Selain itu , dalam banyak keadaan darurat pemanggil radio dalam keadaan panik dan harus bertindak sangat cepat untuk menyelamatkan orang lain atau perahu . Dibutuhkan waktu untuk membuat panggilan , mengirim darurat , dan membaca angka bujur dan lintang dari layar GPS ke dalam mikrofon. Ada beberapa risiko bahwa penularan mungkin tidak jelas dan lokasi tidak dipahami dengan benar .

Dan dalam banyak kasus sifat darurat menyebabkan pendayung untuk menjatuhkan mic radio sebelum memberikan semua informasi , dalam rangka untuk menghadiri darurat . Hasil tragis dapat bahwa bahkan jika upaya penyelamatan diluncurkan , tanpa lokasi yang tepat dari perahu , bantuan mungkin tertunda terlalu lama .

DSC menghilangkan risiko ini dengan fungsi otomatis pada saluran darurat laut khusus ( 70 ) .

Bagaimana Cara Kerja DSC?

Setiap radio VHF DSC – diaktifkan diterbitkan nomor ID yang unik , yang disebut nomor MMSI (Maritime Mobile Service Identity). Angka itu menyediakan penyelamat dengan informasi tambahan tentang kapal dan pemilik ( termasuk jumlah sel dan nomor telepon pemilik untuk kontak darurat ) . Jika panggilan darurat otomatis dibuat , tim penyelamat akan tahu apa jenis perahu dan siapa yang mereka cari .

Semua radio DSC juga dapat dihubungkan ke unit GPS (a chartplotter atau penerima GPS dedicated ) . Meskipun hal ini tidak diperlukan untuk membuat panggilan darurat , sangat sangat dianjurkan , karena dengan itu panggilan darurat otomatis marabahaya akan menginformasikan Coast Guard ( dan lain di dekatnya , DSC – kapal dilengkapi dengan membunyikan alarm ) dari lokasi Anda .

Dengan menekan tombol darurat pada satu VHF DSC Anda , Anda mulai radio membuat panggilan marabahaya otomatis yang memberikan identitas dan lokasi ( jika GPS terhubung ) MMSI Anda . Panggilan ini terus diulang sampai jawaban Coast Guard atau dihentikan secara manual , memungkinkan Anda untuk menghadiri darurat .

Cara Set Up dan Aktifkan DSC

Dua langkah kunci yang diperlukan untuk mendirikan dan mengaktifkan radio DSC . Pertama , mengajukan permohonan nomor MMSI gratis untuk perahu Anda . ( Perhatikan bahwa jumlah ini ditugaskan untuk perahu itu sendiri , bukan radio , sehingga Anda menggunakan MMSI sama dengan radio genggam yang digunakan pada perahu yang sama . ) BoatU.S . menyediakan layanan online gratis untuk mendapatkan MMSI Anda untuk kapal di perairan AS . Pelaut AS di perairan internasional memerlukan lisensi FCC dan MMSI dari FCC .

Jumlah MMSI dimasukkan ke radio DSC mengikuti petunjuk di buku manual pemilik .

Kedua , menghubungkan radio DSC ke penerima GPS ( kecuali untuk beberapa radio baru dengan penerima GPS built in ) . Sayangnya langkah ini agak lebih rumit dengan radio DSC – generasi pertama , karena ada banyak jenis dan merek peralatan yang dapat dikombinasikan di sini berbeda . Untuk DSC radio VHF yang lebih baru dan chartplotters GPS , kabel biasanya dijelaskan dalam manual peralatan . Konsultasikan dengan teknisi kelautan jika diperlukan .

Maka itu ide yang baik untuk memeriksa peralatan tersebut dengan panggilan rutin DSC radio DSC lain . Jika radio Anda memiliki “test call” fungsi , Anda dapat menghubungi Coast Guard untuk panggilan pengakuan otomatis . Jangan menempatkan panggilan darurat untuk menguji peralatan !

Fungsi DSC lainnya

Radio DSC-dilengkapi dan diaktifkan dapat menggunakan sistem DSC untuk membuat panggilan selain distress, panggilan darurat. Jika Anda tahu MMSI dari pendayung lain, Anda dapat membuat kontak awal dengan radio bahwa kapal langsung tanpa harus memanggil perahu dengan nama pada saluran terbuka; setelah sinyal suara DSC, Anda berkomunikasi seperti biasa pada saluran biasa.

Demikian pula, Anda dapat menggunakan DSC untuk mendapatkan lokasi perahu dikenal dengan polling nomor MMSI unik.

Sementara semua radio DSC-dilengkapi memiliki tombol darurat tunggal untuk memulai panggilan darurat, operasi fungsi-fungsi lainnya bervariasi antara merek yang berbeda. Lihat panduan pemilik VHF Anda untuk langkah-langkah untuk mengikuti.

Untuk lebih jelas mengenai  kelas DSC  dan fungsi (penting untuk mengetahui sebelum Anda membeli), pergi ke sini. Untuk mengajukan permohonan nomor MMSI online gratis, pergi ke website ini.