Marine VHF Radio: Kenapa harus dimiliki?

Saat ini mungkin tidak ada kekurangan alat komunikasi yang anda gunakan. Tetapi ketika Anda berada di luar di atas air, apa perangkat terbaik untuk mempertahankan garis hidup Anda ke pantai?

Para pelaut saat ini dihadapkan dengan banyak pilihan alat komunikasi untuk kapal-ke-kapal dan kapal ke pantai. VHF, ponsel, Single sidebands, dan komunikasi sateli.

VHF Radios
Radio ini sangat penting untuk situasi darurat, dan dipantau 24 jam sehari oleh Coast Guard. Semua perahu harus dilengkapi dengan setidaknya satu dan harus stand by di Channel 16 (untuk keadaan darurat, panggilan darurat, peringatan keselamatan dan USCG Pemberitahuan untuk Mariners) dan 13 (untuk antara kapal ditengah laut dalam menyampaikan informasi penting). Kebanyakan radio VHF memiliki kemampuan untuk memindai beberapa saluran. Namun fitur ini akan sering memotong bagian dari komunikasi, dimana komunikasi mungkin penting untuk keselamatan Anda. Oleh karena itu, praktek terbaik untuk memiliki dua set pada (seperti tetap dan genggam) dan memiliki satu berdiri pada tanggal 16 dan yang lain, biasanya portabel, pada 13.

Icom IC-M504A
Fixed-Mount VHF Radio
Radio VHF yang tersedia dalam 2 kategori yaitu fixed-mount (radio base) dan model genggam (HT). Semua radio VHF memiliki output maksimum 25 watt hal ini sesuai dengan aturan yang diperbolehkan oleh FCC. VHF adalah line-of-sight sistem, yang berarti gelombang radio tidak akan melengkung untuk mengikuti kelengkungan bumi. Antena VHF harus “saling terlihat” dengan antena radio VHF lainnya. Oleh karena itu, tinggi antena adalah sangat menentukan jarak jangkauan radio ini. Jarak yang paling umum untuk radio Marine VHF adalah sekitar 20-25 kilometer meskipun kadang-kadang jarak jangkauan ini bisa lebih jauh lagi. Para Penjaga Perbatasan dapat berkomunikasi lebih jauh jaraknya karena tower yang tinggi dan daya output yang lebih kuat serta teknologi khusus lainnya.

Icom IC-GM1600
Hand-Held Radio VHF (HT)
Handheld VHF juga menawarkan banyak fitur yang sama seperti ditemukan pada fixed-mount (Radio Base) unit. Mereka menawarkan portabilitas dengan cara yang sama telepon nirkabel memungkinkan mobilitas yang lebih di rumah. Sebuah radio genggam mungkin hanya apa yang Anda butuhkan untuk digunakan dalam perahu, perahu kecil tanpa sistem listrik, atau sebagai cadangan darurat untuk radio perahu Anda. Handheld memiliki output maksimum enam watt. Karena antena pendek dan daya yang rendah, mereka memiliki rentang yang terbatas dari lima mil.

Sebuah peningkatan yang signifikan dalam rentang dapat dicapai dengan menghubungkan antena eksternal atau menggunakan antena telescoping dipasang ke radio genggam. Masa pakai baterai bervariasi dengan ukuran baterai. Banyak model memiliki kemasan baterai opsional dengan kali lebih lama operasi, atau daya transmisi yang lebih besar, atau keduanya. Beberapa memiliki baterai saver sirkuit yang mematikan penerima untuk menghemat daya. Masa pakai baterai dari handheld dapat ditingkatkan dengan beralih dari daya pancar penuh untuk satu watt daya pancar.

Saluran VHF
Saluran yang paling penting pada radio VHF adalah Saluran 16, panggilan darurat secara internasional. Channel 9 digunakan untuk Hailing, pemeriksaan radio, ditambah beberapa fungsi lainnya. Di beberapa negara, misalnya, 9 adalah saluran jembatan tender. Saluran 6 adalah untuk kapal-ke-kapal keselamatan panggilan setelah kontak dibuat pada frekuensi lain. Saluran 13 adalah untuk navigasi kapal-ke-kapal dan juga digunakan oleh tender jembatan di beberapa negara. Hal ini biasanya diatur secara umum untuk daya rendah tapi set yang lebih baru biasanya memiliki tombol meningkatkan daya override sementara yang memungkinkan radio untuk mengirimkan pada daya maksimum jika Anda berada di frekuensi, seperti 13, yang diatur secara default untuk daya rendah .

Saluran 22 adalah untuk transmisi darurat setelah diarahkan oleh Penjaga Perbatasan untuk beralih dari saluran lain. WX-1-3 dan di atas saluran cuaca NOAA. Ketika Anda membeli radio VHF, Anda akan menerima daftar saluran (Channel) dan penggunaan.

Kemampuan DSC 
Digital Selective Calling (DSC) adalah sama dengan “tombol mayday” pada VHF atau SSB. Ketika diaktifkan, secara otomatis mengirimkan sebuah panggilan darurat dikodekan yang akan diterima oleh semua kapal terdekat yang dilengkapi dengan DSC juga. Jika radio dihubungkan dengan GPS maka secara otomatis akan mengirimakan posisi kapal yang mengalami musibah tersebut. Beberapa radio high-end sekarang sudah memiliki fitur DSC ini, sehingga ketika menggunakan radio VHF ini Anda dapat menggunakan keuntungan dari fitur terbaru ini. Untuk menggunakan DSC, Anda harus mendapatkan MMSI (Maritime Mobile Service Identity) number. Anda dapat melakukannya secara gratis di alamat web ini: http://www.boatus.com/mmsi. Perlu diingat bahwa US Coast Guard belum menanggapi transmisi DSC. Saat ini, pemantauan dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2007.

Telepon seluler
Memiliki ponsel di kapal memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan orang-orang darat dan dapat melakukan komunikasi bisnis dengan mudah . Mereka sangat nyaman dan harus digunakan bersama-sama dengan VHF. Ponsel, meskipun sangat nyaman di darat , kurang dapat diandalkan di atas air . Sebagian besar tidak tahan air, dan jangkauan mereka relatif pendek. Jangkauan maksimum ke dan dari antena selular / stasiun bervariasi . Rentang ini lebih rumit oleh fakta bahwa sebagian besar sel antena / stasiun ditempatkan dengan penggunaan berbasis lahan dalam pikiran , sehingga jarak lepas pantai bahwa kapal dapat tetap berhubungan sering pendek . Anda dapat meningkatkan jangkauan dengan antena ponsel eksternal ditempatkan setinggi mungkin di atas kapal dan lebih lanjut dengan penguat sinyal . Ponsel juga bisa mahal untuk beroperasi , meskipun ada banyak paket yang tersedia . Kekuatan komunikasi Anda dengan ponsel terbatas di atas air karena kapal lain yang sedang Anda coba untuk menghubungi juga harus memiliki ponsel . Di beberapa daerah , Anda dapat menempatkan panggilan ke stasiun Coast Guard lokal dengan panggilan * CG . ” Kadang-kadang Coast Guard akan meminta Anda pada VHF untuk melanjutkan komunikasi dengan mereka menggunakan ponsel Anda , dalam rangka untuk menghapus frekuensi .

Family Radio Service Radio
Radio Family Radio Service dimaksudkan untuk penggunaan pribadi, non – komersial seperti radio CB . Mereka sangat berguna karena mereka dapat digunakan di darat untuk komunikasi tanpa lisensi . Mereka sangat sempurna untuk perjalanan outdoor dengan teman dan keluarga di mana Anda perlu untuk tinggal di kontak . Dan mereka juga membantu dengan komunikasi saat masih di atas kapal. Anda dapat berbicara satu sama lain dari haluan ke buritan , dari bawah ke atas dek , dan banyak lagi! Rentang ini biasanya 1-2 kilometer dan line- of-sight seperti VHF dan ponsel . Mereka memiliki keterbatasan daya baterai dan tidak ada saluran darurat . Mereka beroperasi di band 460MHz UHF antara radio VHF dan ponsel dan mengirimkan sebesar 0,5 watt . Karena unit-unit ini telah menjadi begitu populer , Anda mungkin ingin pre-arrange apa saluran yang akan Anda gunakan dan menguji itu – sangat sering satu atau lebih saluran akan kelebihan beban , khususnya di daerah ramai .

Single Side Band
Single Side Band (SSB) beroperasi di frekuensi menengah ( MF ) dan / atau frekuensi tinggi ( HF ) band untuk komunikasi langsung suara melalui jarak melebihi 25 km (tergantung pada ketinggian antena dan kondisi atmosfer ) . SSB biasanya tersedia dengan daya output 50-150 watt . Sebuah kisaran SSB dipengaruhi oleh kekuatan sinyal yang dipancarkan , antara lain . Rentang handal maksimum dalam 2 – 3Mhz ( MF ) Band siang hari biasanya 50-150 mil. Transmisi di HF band dapat mencapai ribuan kilometer .

Tidak seperti radio VHF , SSB memerlukan ground yang besar untuk memancarkan sinyal . Kecuali lambung perahu adalah logam, ground pesawat biasanya dipasang dalam bentuk panel jala tembaga besar (kadang-kadang dibangun ke lambung fiberglass ) . Dengan SSB , pemilihan antena dan instalasi juga lebih rumit. SSB umumnya memerlukan antena lebih panjang daripada VHF , dan antena yang berbeda tuning untuk band yang berbeda . Yang paling penting SSB membutuhkan antena tuner untuk menselaraskan atara antena dengan radio SSB untuk menghasilkan jangkauan dan penerimaan yang baik.

Komunikasi satelit
Telepon satelit dalam teori akan beroperasi di mana saja , karena sinyal mereka memantul dari satelit , tetapi sebenarnya ada zona mati di mana mereka tidak bekerja dengan baik . Perangkat keras dan service charge relatif cukup mahal , dan sementara ini dapat digunakan juga untuk teks seperti email , lagi biayanya relatif mahal . Program kompresi yang tersedia untuk email , tapi sekali lagi , email umumnya perlu dijaga singkat untuk menghindari biaya tinggi .

Rekomendasi kami
Untuk dapat diandalkan komunikasi on-the – air oleh sebagian besar pelaut , baik genggam atau tetap -mount radio VHF biasanya yang paling tepat , tergantung pada keadaan Anda . Dan dua lebih baik dari satu karena pentingnya potensi komunikasi . Ketika Anda terjebak dalam kemacetan – baik dari mesin kegagalan atau badai ganas mendekat , radio VHF bisa menjadi penyelamat Anda ke seluruh dunia . Di Coast Guard yurisdiksi , VHFs dipantau 24 jam sehari , tujuh hari seminggu . Untuk jaminan tambahan , USCG dan sebagian TowBoatU.S . menara dapat menemukan perahu Anda dengan melacak sinyal VHF Anda . VHFs sangat berguna dalam keadaan darurat , tetapi mereka memiliki kegunaan lain seperti operasi kapal seperti bukaan jembatan dan berkomunikasi dengan kapal komersial dan rekreasi lainnya . Federal Communications Commission ( FCC ) mengatur lalu lintas laut dan radio menyatakan bahwa semua kegunaan lain adalah sekunder terhadap keselamatan , sehingga mengobrol adalah disukai oleh FCC dan dilarang di Channel 16 dan 9 , 22A dan banyak saluran lainnya . Saluran tertentu yang ditetapkan oleh FCC untuk tipe tertentu dari komunikasi .