Logistik

Pelabuhan Laut

Industri pelabuhan menghadapi banyak tekanan. Persaingan muncul dari berbagai sumber dan karena berbagai alasan. Pelabuhan-pelabuhan baru dibuka untuk menyaingi pelabuhan yang telah ada. Secara keseluruhan, mereka menciptakan lingkungan bisnis di mana semua aspek operasional pelabuhan perlu memberikan efisiensi maksimum di samping keamanan optimal. Perusahaan pengapalan harus memindahkan kargo secepat mungkin untuk memaksimalkan efisiensi operasi mereka. Namun, meningkatnya pemeriksaan keamanan dan pengetatan prosedur kepabeanan berarti bahwa kecepatan bongkar muat pasti akan terimbas. Untuk meminimalkan dampaknya sangat penting bahwa informasi yang mengalir di sekitar pelabuhan baik di dermaga, kantor pusat maupun di laut, tersedia melalui jaringan komunikasi yang fleksibel, mudah disesuaikan dan aman.

Karena pelabuhan menghadapi tekanan persaingan yang kompetitif dan persyaratan keamanan yang meningkat, pengelola pelabuhan harus mencari cara untuk memenuhi sejumlah tantangan utama. Ini termasuk:

  • Mengoptimalkan pergerakan kargo – memastikan bahwa peti kemas, personil, kapal, truk, dan lalu lintas kereta api bergerak masuk dan keluar dari pelabuhan seefisien mungkin.
  • Memaksimalkan mobilitas dan produktifitas personil dengan memungkinkan mereka mengakses data dan berkomunikasi satu sama lain dari lokasi manapun di fasilitas pelabuhan.
  • Pemantauan keamanan di seluruh pelabuhan, screening pelabuhan dan perimeternya, serta peti kemas, kapal, truk, mobil rel, dan personil yang memasuki atau meninggalkan fasilitas.
  • Mematuhi regulasi dan berkomunikasi secara efisien dengan Penjaga Pantai, Bea Cukai, dan Imigrasi.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyediakan lingkungan operasi dan layanan bernilai tambah yang efisien.
  • Menyatukan dan meningkatkan sistem komunikasi fasilitas untuk efisiensi operasional yang lebih baik.

Operasional pelabuhan memiliki tuntutan khusus untuk menghadirkan komunikasi – kapal ke kapal, kapal ke pantai dan pantai ke darat. Kegiatan berlabuh dan berlayar dikendalikan melalui komunikasi. Dalam kegiatan umum seperti bongkar muat kargo, operator pemindah peti kemas dan petugas transportasi harus menjadi bagian dari jaringan komunikasi. Otoritas pelabuhan juga perlu berkomunikasi dengan kapal-kapal pengangkut penumpang di lokasi mereka. Bisa dibayangkan bagaimana kerumitan yang terjadi dalam kegiatan itu.

Di PT. Radio Komunikasi Indonesia membangun jaringan komunikasi radio dua arah adalah tugas kami, ketika berhadapan dengan kebutuhan radio komunikasi untuk pelabuhan baik besar maupun kecil, kami berusaha memberikan sistem yang berteknologi mutakhir namun mudah digunakan. Sistem manajemen radio digital kami dirancang untuk mengadopsi generasi baru peralatan komunikasi, sementara juga mampu mengakomodasi sinyal analog dengan baik. Sistem ini memungkinkan setiap anggota tim berkomunikasi melalui VHF Marine Band untuk terhubung secara mulus satu sama lain, sebuah fungsi penting dalam hal mengkoordinasikan kedatangan dan keberangkatan kapal-kapal besar.

Memastikan ketepatan informasi sangat penting untuk menjaga agar operasi pelabuhan berjalan lancar, disinilah fitur Call Recording atau Text Messaging dapat sangat bermanfaat. Rekaman otomatis semua transmisi memungkinkan pengguna untuk mendengarkan kembali komunikasi mereka untuk memastikan semua rincian benar.

Platform peralatan radio yang kami tawarkan memungkinkan anda untuk:

  • Memastikan kejernihan suara tingkat dasar tanpa gangguan derek dan objek penghalang
  • Membuat private talk group untuk operator crane dan pekerja dermaga yang ditunjuk untuk memungkinkan komunikasi simultan
  • Meningkatkan pemanfaatan kontainer dengan mengoptimalkan kegiatan bongkar muat
  • Mengkomunikasikan perintah kerja secara real time – memaksimalkan utilisasi dan mengurangi penundaan
  • Pembuatan peta armada untuk memaksimalkan pemanfaatan dan meningkatkan efisiensi lokasi untuk satuan kerja utama
  • Meningkatkan keamanan staf dengan perangkat lunak GPS
  • Memicu alarm darurat, termasuk alarm otomatis ‘man down’ yang aktif saat terjadi kecelakaan kerja.

Teknisi kami memiliki beragam keterampilan dan pengetahuan. Mereka telah berpengalaman membantu ruang kontrol, layanan darurat, beberapa bisnis komersil, lembaga pendidikan dan instansi pemerintah. Bagaimanapun caranya kami pasti akan menemukan sistem radio yang sesuai untuk anda. Hubungi kami hari ini untuk menanyakan solusi komunikasi radio dari kami.

Bandar Udara

Jumlah penumpang udara terus meningkat, volume kargo udara juga bertambah. Biaya operasional dan persaingan meningkat. Dan tantangan keamanan terus bertambah. Mengkoordinasikan lalu lintas udara, jadwal penumpang, penanganan bagasi dan layanan pelanggan sambil mempertahankan efisiensi dan keamanan fasilitas memerlukan sistem komunikasi yang responsif dan aman.

Komunikasi menggunakan radio dua arah dapat meningkatkan efisiensi pengoperasian di lingkungan yang sulit seperti bandara. Banyak bandara di seluruh dunia yang sudah menggunakan solusi komunikasi radio yang aman agar pekerja bisa bekerja lebih efektif dan terlindungi. Bandara yang sibuk bisa mengelola ratusan penerbangan sehari, masing-masing membutuhkan puluhan bahkan ratusan karyawan untuk berkomunikasi satu sama lain.

Apa Kesamaan Yang Dimiliki Bandara-bandara Terbaik?

Kemungkinan besar anda telah melakukan perjalanan setidaknya melalui satu bandara pada tahun 2016. Dan bahkan jika anda tidak melakukannya, anda pasti tahu bahwa bandara modern mirip dengan sebuah kota kecil. Ratusan atau ribuan orang bekerja di sana untuk memastikan kelancaran perjalanan bagi para penumpang.

Ada hampir 1.000 bandara di dunia, dan banyak lagi yang sedang dibangun. Jumlah penumpang udara juga terus meningkat. Sering kali, semuanya cepat dan lancar dan antriannya pendek. Namun terkadang ada penumpang yang tidak beruntung harus menghabiskan beberapa jam secara ekstra di bandara.

Beberapa organisasi mempublikasikan peringkat bandara, masing-masing dari sudut pandang mereka sendiri. Kriteria ini sering berkontribusi pada peringkat akhir:

  • Pengalaman keseluruhan penumpang di bandara
  • Ketepatan waktu penerbangan
  • Waktu tunggu rata-rata di jalur pemeriksaan

Mengapa beberapa bandara beroperasi lebih baik daripada yang lain? Operator bandara memiliki peran penting dalam hal kinerja bandara. Operator terbaik merencanakan dan melaksanakan dengan baik. Operator bandara yang efektif dan berhasil mengetahui nilai komunikasi yang baik. Komunikasi sangat penting bila orang dan sumber daya yang tepat harus berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Jelas bahwa tim harus berbicara bersama agar efektif. Oleh karena itu, bandara membutuhkan komunikasi melalui radio jika mereka ingin meminimalkan waktu persiapan keberangkatan penerbangan. Mengurangi waktu turnover pesawat dapat dilakukan dengan memastikan komunikasi terus menerus antara pusat kendali, awak pesawat terbang dan petugas landasan untuk meningkatkan keamanan bandara dan efisiensi operasional.

Kami mengkhususkan diri pada solusi komunikasi yang handal untuk industri penerbangan. Kami telah merancang dan membangun sistem radio komunikasi digital yang mendukung:

  • Layanan keamanan
  • Penanganan dan pelacakan bagasi
  • Pemeriksaan kepabeanan
  • Kontrol lalu lintas udara
  • Layanan respon darurat
  • Layanan transportasi dan antar jemput
  • Prosedur check in dan boarding
  • Jasa pemeliharaan
  • Pengelolaan parkir mobil dan armada
  • Dukungan pelanggan

Platform peralatan radio yang kami tawarkan memungkinkan anda untuk:

  • Mengoptimalkan kejernihan suara tingkat dasar tanpa gangguan lalu lintas udara dan infrastruktur di sekitar.
  • Men-setup beberapa jalur komunikasi yang fleksibel dan cepat antara pengendali lalu lintas udara, operator antar-jemput, engineer, penanganan bagasi dan awak pesawat.
  • Aplikasi pengelolaan armada – memberikan visibilitas langsung lokasi, kecepatan dan status kendaraan untuk memungkinkan pengelolaan layanan bandara yang proaktif.
  • Pemasangan fungsi khusus untuk menunjukkan situasi darurat – meningkatkan keselamatan melalui broadcast email otomatis dan distribusi peta lokasi ke unit tanggap darurat.