Bagaimana Memilih Walkie Talkie Jarak Jauh Terbaik?

Bagaimana Memilih Walkie Talkie Jarak Jauh Terbaik?

Bagaimana Memilih Walkie Talkie Jarak Jauh Terbaik?

Sebelum anda atau perusahaan anda membeli walkie talky atau handy talky sering disebut HT, anda harus memahami hal-hal berikut:

  1. Frekuensi
  2. Jarak jangkauan handy talky
  3. Fitur-fitur handy talky

Frekuensi Handy Talky

Penggunaan frekuensi radio telah diatur dalam Undang-Undang No 36 Tahun 1999 tentang telekomunikasi. Jika terjadi pelanggaran terhadap penggunaan frekuensi ini ada sanksi administrasi dan sanksi pidana seperti yang disebutkan pada pasal 47.

Beberapa hal yang harus anda pahami sebelum anda melakukan pembelian HT agar tidak menyalahi peraturan pemerintah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Ijin Frekuensi Radio
    Sebelum anda menggunakan HT anda harus memiliki ijin frekuensi dari Kominfo. Pengurusan ijin frekuensi ini dapat dilakukan secara online dan sangat mudah. Informasi selengkapnya dapat dibaca di: bagaimana cara mengurus ijin frekuensi radio
    Atau anda dapat menghubungi:
    Pusat Pelayanan Terpadu Ditjen SDPPI
    Gedung Menara Merdeka Lt. 11
    Jl. Budi Kemuliaan I No.2, Jakarta 10110
    Contact Center : 021-30003100
  2. Sertifikasi Alat dan Perangkat Radio
    Pada proses perijinan tersebut akan diminta sertifikasi alat dan perangkat dari HT yang akan anda gunakan. Sertifikasi alat dan perangkat radio ini dapat anda minta kepada penjual radio tersebut. Jangan membeli radio jika penjual tidak dapat memberikan bukti sertifikasi alat dan perangkat radio yang masih berlaku.
  3. Alokasi Spektrum Frekuensi
    Alokasi spektrum frekuensi juga sudah diatur oleh pemerintah, untuk itu anda perlu mengetahui alokasi frekuensi yang sudah ditentukan. Sebaiknya mintalah penjelasan tentang alokasi spektrum frekuensi radio ini saat anda akan membeli perangkat Handy Talky. Sering terjadi kesalahan pembelian perangkat HT dimana pada saat pengurusan ijin frekuensi HT yang sudah dibeli ternyata tidak mendapatkan ijin sehingga sangat merugikan pembeli HT tersebut.

    Untuk bantuan penjelasan lebih lengkap silahkan menghubungi staf kami di : (021) 4211456

Jarak Jangkauan Handy Talky

Walkie talkie atau sering disebut handy talky atau disingkat HT  jika digunakan point to point atau antar HT saja  jaraknya sangat terbatas, banyak orang atau perusahaan membeli handy talky yang akhirnya kecewa dengan barang yang sudah dibeli. Pada beberapa website atau toko ada yang menawarkan HT dengan jangkauan yang fantastis bahkan ada penjual yang menjanjikan sampai puluhan KM. Kenyataan pada saat digunakan jarak jangkauan HT tersebut tidak seperti yang dijanjikan. Hal tersebut akan sangat mengecewakan pengguna atau pembeli radio tersebut.

Penting untuk diketahui bahwa jarak jangkauan handy talky hampir sama tidak terkecuali merk dan type apapun. Jika kita cermati spesifikasi HT tersebut dengan power rata-rata 4-5 Watt, Jarak jangkauan HT ini (dengan menggunakan antena standar) dipastikan tidak melebihi 3 KM, bahkan di beberapa lokasi seperti lingkungan yang dihalangi oleh gedung atau pohon ataupun perbukitan dan lain-lain, jarak jangkauan HT ini bisa jauh berkurang bahkan hanya 500 meter saja. Atau pada penggunaan di dalam gedung jarak jangkauan HT ini bisa lebih pendek lagi. Misalkan dari basement 4 tidak sampai ke lantai 1. Jika di ukur jarak tersebut tidak sampai 100 meter.

HANDY TALKY

HANDY TALKY

Faktor-faktor  yang mempengaruhi jarak jangkauan Handy Talky:

  1. Power
  2. Panjang dan Gain Antena
  3. Penghalang

Menambah Jarak Jangkauan Handy Talky

Beberapa pengguna HT mengganti antena yang standar dengan jenis antenna yang lebih panjang, harapannya dapat menambah jarak jangkauan HT tersebut. Tetapi sering juga mengabaikan efek negatif yang ditimbulkan oleh penggantian antena standar tersebut, tanpa disadari akan mempercepat kerusakan HT tersebut dan dapat mengganggu mobilitas dari pemegang HT itu sendiri.

Untuk menambah jarak jangkauan HT dibutuhkan  penguat sinyal. Penguat sinyal ini sering disebut stasiun pancar ulang atau repeater. Prinsip kerja repeater adalah menerima sinyal yang lemah (kecil) kemudian dipancarkan secara otomatis dengan power yang lebih kuat (besar). Untuk mengoptimalkan jangkauan, antena repeater tersebut ditempatkan pada ketinggian, seperti di atas tower, di atas gedung tinggi bahkan ditempatkan di puncak gunung. Semakin tinggi posisi antenna repeater ini akan semakin luas coverage areanya.

Agak sedikit berbeda penggunaan di dalam sebuah gedung, untuk mengcover sebuah gedung yang tinggi seperti gedung perkantoran atau hotel terkadang dibutuhkan lebih dari 1 repeater. tergantung dari jumlah lantai dan basemen gedung tersebut. Jika gedung lebih dari 30 lantai kemungkinan besar membutuhkan lebih dari 1 repeater. Apalagi jika basement gedung tersebut lebih dari 3 lantai. Hal ini membutuhkan penambahan repeater atau penambahan antenna.

Cara kerja repeater lebih lengkap silahkan lihat di halaman ini: Menambah jarak jangkauan HT dan radio Rig

Fitur-fitur Handy Talky

Kembali ke pertanyaan awal, bagaimana memilih handy talky terbaik?

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa dengan antena dan power yang standar (4-5 Watt) semua HT jaraknya tidak akan lebih dari 3 KM bahkan jika ada penghalang (gedung, perbukitan dll) jarak HT ini bisa lebih pendek lagi.

Memilih HT terbaik harus berdasarkan kebutuhan anda atau perusahaan anda dan lingkungan penggunaan HT tersebut.  Anda tidak perlu buang-buang waktu mendengarkan penjual (sales) yang menjanjikan HT yang dia jual bisa melebihi 5 KM bahkan puluhan KM.

Pertanyaannya jika jarak jangkauan HT ternyata sama mengapa ada HT yang harganya sampai belasan juta rupiah? Apa kelebihannya?

Produsen HT  menawarkan banyak fitur dan kelebihan seperti

  1. Kapasitas baterai,
  2. Full Keypad,
  3. GPS,
  4. Bluetooth,
  5. Radio FM,
  6. Ketahanan air (Waterproof),
  7. Ketahanan terhadap debu (Dustproof),
  8. Ketahanan terhadap benturan (Military Standard),
  9. Explotion Proof dll.

Semakin banyak fitur-fitur tersebut akan semakin mahal harganya. Fitur-fitur tersebut tentu tidak selalu dibutuhkan, ada yang hanya butuh Explotion Proof, jika HT tersebut akan digunakan di lingkungan yang mudah terbakar seperti di lokasi pengolahan dan distribusi minyak & gas, pabrik kimia, gudang kimia dll. Ada yang butuh Waterproof jika penggunakan HT itu di luar ruangan seperti di perkebunan, lokasi tambang, dll. Terutama di lokasi pertambangan yang banyak debu sebaiknya memilih HT yang tahan terhadap debu (Dustproof).

Jarak Jangkauan radio rig

Jika kebutuhan anda melebihi jarak 2 Km maka dibutuhkan perangkat radio yang lebih besar powernya seperti radio rig (lihat di sini: radio rig).  Perangkat radio rig ini memiliki power 25 – 50 Watt tergantung merk dan type. Jarak jangkauan dari radio rig ini (antar stasiun radio rig) bisa 5 – 20Km tergantung dari spesifikasi radio dan spesifikasi antena serta ketinggian antenna yang digunakan. Untuk memperoleh jangkauan yang lebih jauh disarankan menggunakan antena dengan gain yang lebih besar dan ditempatkan pada posisi di ketinggian. Radio rig ini biasanya digunakan sebagai stasiun tetap (radio base) atau radio mobil bergerak (radio mobile).

Pada industri transportasi, perkebunan, pertambangan membutuhkan jangkauan radio yang lebih jauh lagi. Ada kalanya sampai puluhan bahkan ratusan KM. Untuk keperluan ini dibutuhkan perangkat stasiun pancar ulang atau disebut juga Repeater. Banyak perangkat repeater yang dijual di pasaran untuk lebih detail silahkan kunjungi halaman ini. (lihat halaman Repeater)

Jarak Jangkauan HT Terbaik

Dengan semakin berkembangnya teknologi alat komunikasi, banyak inovasi-inovasi yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Belakangan dikembangkan perangkat radio berbasis digital yang tujuannya untuk lebih menghemat frekuensi dan juga infratruktur. Selain itu dikembangkan juga fitur-fitur yang dibutuhkan oleh pengguna sesuai dengan bidang industri masing-masing. Seperti Call managemen, perekaman pembicaraan, group call, bahkan dapat disambungkan melalui IP (Internet Protocol). Untuk teknologi radio digital ini akan kami bahas pada judul lain.

Salah satu produk yang paling gencar dipromosikan belakangan ini adalah teknologi komunikasi push to talk (PTT) dengan menggunakan jaringan GSM. Perangkat ini sering disebut POC (PTT over Cellular). POC ini tidak lagi membutuhkan infrastruktur repeater seperti yang sudah dibahas diatas.

PTT OVER CELLULAR

Dengan memanfaatkan jaringan data GSM  pengguna HT POC ini dapat berkomunikasi dengan jarak lebih dari 100 KM bahkan ribuan kilometer dan yang lebih fantastis lagi bisa digunakan antar negara, dengan catatan harus ada jaringan data GSM (3G).

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap hubungi kami di (021) 4211456, 4211477 atau dapat di email ke marketing@radiokomunikasi.co.id

2018-10-23T19:56:43+00:00

Leave A Comment

CONTACT US

  • Komplek Pertamina Patra II No. 24 Jl. Ahmad Yani By Pass Cempaka Putih – Jakarta Pusat 10510
  • (021) 4211456
  • marketing@radiokomunikasi.co.id

RECENT TWEETS